Scholarship Mentoring to the Next Chapter, Scholarship Mentoring #2: “Paragon Scholarship Program”

“Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia” (Pasal 28C Ayat 1 UUD 1945).

Ayat tersebut merepresentasikan bahwa setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan, terlepas dari kendala atau hambatan yang ada. Salah satu upaya untuk menjembatani kendala tersebut adalah adanya beasiswa. Beasiswa dapat diberikan melalui berbagai pihak, baik lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Paragon Scholarship Program merupakan salah satu contoh beasiswa yang sudah tidak asing didengar oleh telinga kita. Tentu beasiswa ini hadir dengan peminat yang tinggi pula.

Oleh karena itu, pada tanggal 16 Juli 2024, Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) BEM KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga akan mempersembahkan acara Scholarship Mentoring 2: “Paragon Scholarship Program”. Program ini merupakan seri kedua dari Scholarship Mentoring dan merupakan bagian dari program kerja Scholarship Fight.

Scholarship Mentoring merupakan rangkaian kegiatan bimbingan beasiswa yang difasilitasi oleh Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM KM Psikologi Universitas Airlangga. Rangkaian ini berupa talkshow webinar dan mentoring tiap tahapan dari proses seleksi beasiswa Paragon. Pada kegiatan ini, kami menghadirkan narasumber sekaligus mentor, Rizq Talitha Widodo, salah satu Awardee Paragon Scholarship Program yang juga merupakan mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga angkatan 2021.

Kegiatan ini bermaksud untuk menyediakan informasi bagi para KM Psikologi Universitas Airlangga, serta memberikan bimbingan dan kesempatan untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan awardee Paragon Scholarship Program. Kegiatan ini akan membantu serta memberikan fasilitas bagi para KM psikologi berupa informasi pendaftaran beasiswa, tips and trick seleksi berkas, tes online, hingga praktik wawancara. Tak luput dari keterlibatan mengambil peran dalam membantu pencapaian SDGs, kegiatan ini berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan, sesuai dengan poin SDGs nomor empat. Dengan mengadakan kegiatan Scholarship Mentoring berupa bimbingan dan arahan oleh awardee, kami berharap program kerja ini menjadi bukti nyata dalam salah satu upaya untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan solusi dari tantangan yang mereka hadapi. Oleh karena itu, dari ScholarshipMentoring1: Djarum Beasiswa Plus hingga Scholarship Mentoring 2: Paragon Scholarship Program, kami berharap program kerja ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak baik guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

source
https://unair.ac.id