Journalistic Class 2024, Journalism in Crisis Calling on Community Support

Journalistic Class merupakan salah satu program kerja BSO Insight dalam bentuk seminar online (webinar), lomba infografis, serta Snapgram kreatif sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat menulis, fotografi, serta edit kreatif. Tahun ini Journalistic Class mengangkat tema “Jurnalisme Komunitas dan Peliputan Krisis Profesional: Membangun Berita Informatif dan Partisipasi Warga”. Tujuan dibuatnya Journalistic Class ini adalah untuk memfasilitasi anggota aktif pengurus BSO Insight, KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, dan masyarakat umum untuk belajar lebih jauh mengenai dunia jurnalistik.

Pelaksanaan Journalistic Class ini juga mengacu pada pemenuhan SDGs poin ke-4 yaitu “Pendidikan Berkualitas”. Dengan dilaksanakannya Journalistic Class, diharapkan dapat membuka kesempatan bagi siswa, mahasiswa, maupun masyarakat umum untuk belajar, mendapatkan pengetahuan, dan pengalaman baru terkait bidang jurnalistik ketika mengikuti webinar maupun lomba infografis yang akan dilaksanakan.

Journalistic Class 2024 telah membuka pendaftaran lomba infografis mulai tanggal 24 Juli hingga 3 Agustus 2024. Terhitung hingga hari terakhir pendaftaran, lomba infografis ini diikuti oleh total 35 peserta. Para peserta lomba memiliki dua kali kesempatan memenangkan lomba, yakni melalui penilaian juri dan pemilihan karya terfavorit. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemilihan karya terfavorit tahun ini dinilai berdasarkan jumlah likes pada akun Instagram masing-masing peserta. Lomba infografis tersebut diumumkan bersamaan dengan pelaksanaan webinar Journalistic Class 2024 pada hari Minggu, 11 Agustus 2024. Perlombaan ini dimenangkan oleh Farah Diva Apsari dari UPN Veteran Jakarta sebagai juara I, Riyo Nur Fajri Kusuma dari Universitas Negeri Malang sebagai juara II, Syefina Putri Azzahra dari Universitas Indonesia sebagai juara III, dan Sifa Aljanah dari Universitas Merdeka Malang sebagai juara favorit.

Juara 1 Infografis Journalistic Class 2024
Juara 2 Infografis Journalistic Class 2024
Juara 3 Infografis Journalistic Class 2024
Juara Favorit Infografis Journalistic Class 2024

Selain lomba infografis, dilaksanakan juga Webinar Journalistic Class pada hari Minggu, 11 Agustus 2024. Acara tersebut berjalan lancar dan diikuti oleh total 111 peserta. Dalam webinar tersebut dijelaskan banyak hal terkait Jurnalisme Komunitas dan Peliputan Krisis Profesional. Webinar tersebut diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh ketua pelaksana, Ketua BEM KM Fakultas Psikologi, dan Wakil Dekan II Fakultas Psikologi. Setelahnya, dilanjutkan dengan games tebak lagu sebagai pembuka acara sekaligus pemantik semangat dan fokus peserta webinar. Selanjutnya, dilanjutkan dengan sesi materi yang dipandu oleh moderator dan diisi oleh narasumber yaitu Kak Cahya Surya Laksana Gunawan dari LPM Mercusuar. Dalam webinar tersebut, narasumber menjelaskan mengenai peran media lokal, karakteristik media lokal, strategi kolaboratif komunitas, hingga urgensi kolaborasi komunitas. Selain itu, dijelaskan juga mengenai bagaimana cara mengupas berita secara menarik dan relevan. Dijelaskan pula terkait profesionalisme dalam crisis reporting, bahkan hingga pedoman peliputan krisis bagi jurnalis dan ‘tips and trick’ panduan peliputan dan dasar keselamatan jurnalis. Selama rangkaian webinar berlangsung, para peserta webinar turut aktif baik dalam berinteraksi dengan MC maupun saat sesi tanya jawab bersama narasumber.

Sesi pemaparan materi diakhiri dengan foto bersama narasumber. Kemudian, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba infografis. Setelah pengumuman pemenang lomba infografis, dilanjutkan dengan sesi pengisian link evaluasi dan penjelasan mengenai lomba Snapgram kreatif yang dapat diikuti oleh peserta webinar setelah mengikuti webinar. Lomba Snapgram kreatif tersebut dilaksanakan mulai 11 Agustus 2024 hingga 15 Agustus 2024. Selanjutnya, pemenang lomba Snapgram kreatif diumumkan pada 16 Agustus 2024 melalui Instagram @insight_psikologi dan grup WhatsApp Journalistic Class. Berakhirlah serangkaian kegiatan Journalistic Class 2024, kami selaku panitia pelaksana Journalistic Class 2024 mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang terlibat dan telah membantu menyukseskan acara ini. Kepada seluruh panitia Journalistic Class 2024 untuk segala kerja kerasnya, kepada pengurus BSO Insight 2024 atas masukan dan saran yang diberikan, para media partner yang telah membantu menyebarkan informasi kegiatan, Kak Dimas Septo Nugroho dan Kak Arum yang telah bersedia menjadi juri dalam lomba infografis, serta kepada kak Cahya Surya Laksana Gunawan yang telah bersedia berbagi ilmu dan menjadi narasumber webinar Journalistic Class 2024.

 

source
https://unair.ac.id