Journalistic Class 2024: Journalism in Crisis Calling on Community Support

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kian berkembang pesat. Hal ini memberikan kemudahan bagi penyebaran informasi. Sayangnya, masih sedikit sekali pembahasan terkait pentingnya jurnalisme komunitas dan peliputan krisis profesional. Padahal, jurnalisme komunitas dan peliputan krisis profesional ini sangat membutuhkan kolaborasi antara media lokal dan partisipasi warga. Sejalan dengan adanya hal tersebut, BSO Insight Fakultas Psikologi Universitas Airlangga mengadakan program kerja yaitu Journalistic Class yang mengangkat tema “Jurnalisme Komunitas dan Peliputan Krisis Profesional: Membangun Berita Informatif dan Partisipasi Warga.”

Journalistic Class merupakan salah satu program kerja BSO Insight dalam bentuk seminar online (webinar), lomba infografis, serta snapgram kreatif sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat menulis, fotografi, serta edit kreatif. Tujuan dibuatnya Journalistic Class ini adalah untuk memfasilitasi anggota aktif pengurus BSO Insight, KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, dan masyarakat umum untuk belajar lebih jauh mengenai dunia jurnalistik.

Pelaksanaan Journalistic Class ini juga mengacu pada pemenuhan SDGs poin ke-4 yaitu “Pendidikan Berkualitas”. Dengan dilaksanakannya Journalistic Class, diharapkan dapat membuka kesempatan bagi siswa, mahasiswa, maupun masyarakat umum untuk belajar, mendapatkan pengetahuan, dan pengalaman baru terkait bidang jurnalistik ketika mengikuti webinar maupun lomba infografis yang akan dilaksanakan. Journalistic Class sendiri dilaksanakan satu kali dalam satu kepengurusan. Journalistic Class 2024 akan mulai membuka pendaftaran lomba infografis mulai tanggal 24 Juli hingga 3 Agustus 2024. Hasil infografis peserta lomba nantinya akan dinilai oleh Dimas Septo Nugroho dan Arum D. yang merupakan anggota LPM Mercusuar Universitas Airlangga. Lomba infografis tersebut nantinya akan diumumkan bersamaan dengan pelaksanaan webinar Journalistic Class 2024 pada hari Minggu 11 Agustus 2024. Webinar tersebut akan diisi oleh Cahya Surya Laksana Gunawan sebagai narasumber. Pelaksanaanya akan dilakukan melalui platform Zoom Meeting mulai pukul 10.00 WIB hingga 12.25 WIB.

Foto: Poster webinar dan lomba infografis Journalistic Class 2024

Foto: Dokumentasi Journalistic Class 2023

source
https://unair.ac.id