BSO Futsal Psikologi Universitas Airlangga memiliki peran yang penting untuk mengembangkan minat dan bakat serta membentuk komunitas yang sehat dan aktif. Untuk membantu terwujudnya hal tersebut diciptakanlah beberapa program kerja, salah satu program kerja BSO Futsal adalah Latihan Rutin sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan minat KM Psikologi terutama dalam bidang olahraga futsal. Program kerja tersebut ditujukan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan KM Psikologi dan anggota BSO Futsal dalam bidang olahraga futsal. Hal tersebut diharapkan dapat dicapai dengan membuat program latihan futsal yang lebih terstruktur dan terarah. Latihan Rutin ini diadakan sebanyak 14 kali pertemuan yang dimulai pada bulan September 2023 dan berakhir pada bulan November 2023 dengan kehadiran minimal 10 orang setiap latihan rutinnya. Latihan Rutin Futsal ini juga selalu diisi dengan materi futsal yang berbeda-beda, seperti latihan fisik, latihan passing, latihan shooting, latihan build-up, dan drill latihan lainnya. Terdapat kegiatan khusus yang dilakukan setiap setelah latihan drill yaitu diadakannya games untuk menambah minat bermain dan membuat suasana menjadi semakin seru selama latihan rutin.

Dengan adanya drill latihan-latihan tersebut, KM Psikologi Universitas Airlangga dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang penting dalam bermain futsal. Diadakannya latihan rutin ini diharapkan keterampilan bermain tim futsal psikologi dapat terasah dan bisa menunjang kemampuan bermain mereka pada program kerja yang lain atau kegiatan futsal lainnya. Latihan rutin ini juga mencakup aktivitas untuk meningkatan kecepatan, ketahanan, dan reaksi bagi para pemain untuk memperkuat tim. Selain pelatihan yang berfokus pada individu program kerja latihan rutin ini juga bertujuan untuk mempromosikan pengembangan kerjasama tim dalam drill yang telah disediakan. Dengan latihan yang terstruktur dan situasional, KM yang tergabung dalam tim futsal psikologi dapat memahami peran masing-masing dalam tim dan meningkatkan komunikasi serta kerjasama antar pemain sehingga dapat tercipta pondasi yang kokoh bagi sebuah tim yang sukses. Adanya program kerja ini dapat membantu para anggota untuk mengembangkan kemampuan manajemen stres dan mengatur kecemasan Dengan memberikan anggota suasana yang positif untuk melepaskan tekanan, dengan demikian anggota dapat mengelola stres yang mungkin timbul dalam kehidupan sehari-hari.

 Harapan kedepannya untuk program kerja latihan rutin dapat terus berlanjut dan dapat memberikan dampak yang positif untuk pemain, anggota BSO Futsal, KM psikologi, dan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Kegiatan Latihan Rutin Futsal yang telah diadakan oleh BSO Futsal Psikologi Universitas Airlangga ini telah sesuai dengan SDGs poin 3 yang mengacu pada Good Health and Well-Being karena dengan diadakannya latihan rutin dapat memperkuat kondisi fisik, mental, dan imun tubuh agar dapat membentuk kesehatan dan kesejahteraan yang baik akan dimiliki oleh KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Rutinitas yang sering kali dilakukan oleh KM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga akan membangun langkah kecil dan mendorong sivitas akademik Universitas Airlangga hingga masyarakat umum untuk melaksanakan kegiatan olahraga secara rutin agar bisa membangun kesehatan dan kesejahteraan yang baik seperti dalam SDGs poin 3. Bahkan, kegiatan ini juga mengacu pada poin SDGs no. 5 yang menjelaskan indikator Gender Equality karena kegiatan ini dapat diikuti oleh pria dan wanita tanpa ada kekhususan tertentu dalam tiap drilling latihannya sehingga orang lain di sekitar yang biasanya memberikan stigma bahwa futsal hanya untuk pria akan berkurang dan berbagai kalangan pun akan menjadikan futsal sebagai sarana olahraga mereka.

source
https://unair.ac.id