BSO Futsal Universitas Airlangga telah melaksanakan program kerja latihan rutin yang membantu mengasah keterampilan dan bakat merek dalam bermain futsal. Anggota dan pemain BSO Futsal telah terlatih fisiknya lewat program kerja latihan rutin, namun mereka belum mencoba menyalurkan keterampilan mereka dalam pertandingan. Sehingga diadakanlah program kerja sparring yang tidak hanya melatih fisik, tetapi juga memperkuat mental pemain agar mereka dapat meraih prestasi yang maksimal terutama ketika menghadapi kompetisi.

Sparring sendiri merupakan sebuah agenda bertanding yang masih termasuk dalam skala latihan atau pertandingan uji coba. Dengan demikian, pelatih dan pemain bisa mengukur sejauh mana kemampuan tim dalam bertanding. Program Kerja sparring ini biasanya melibatkan lawan yang berasal dari luar Fakultas Psikologi Universitas Airlangga baik itu internal maupun eksternal Universitas Airlangga.

Pada tahun ini, sparring diadakan sebanyak dua kali yang mana lawan pertamanya adalah Ar-rahmah yang berasal dari Eksternal Universitas Airlangga dan lawan kedua berasal dari Jurusan Sastra Inggris Universitas Airlangga. Sparring pertama diadakan pada tanggal 28 November 2023 di Lapangan Bhaskara Arena dan dihadiri oleh 10 orang pemain dari tim psikologi, sedangkan tim ar-rahmah berjumlah 9 orang. Sparring diadakan selama kurang lebih dua jam dengan interval 15 menit. Tiap 15 menit diadakan pergantian pemain dari kedua tim agar stamina pemain tetap terjaga.  Pada sparring yang pertama, pertandingan dimenangkan oleh Futsal Psikologi setelah berjalan cukup sengit karena pada babak pertama psikologi unggul dengan selisih 5 gol, hingga pada menit-menit akhir Ar-Rahmah memperkecil ketertinggalan dan berakhir dengan kemenangan Futsal Psikologi dengan skor 10-7.

Sparring kedua Futsal Psikologi dilakukan dengan lawan dari internal Universitas Airlangga, yaitu dari Jurusan Sastra Inggris Angkatan 2023. Pertandingan sparring kali ini diadakan di Lapangan Fiva Futsal pada tanggal 7 Desember 2023 pukul 6 sore sampai 8 malam dengan mekanisme pertandingan yang sama dengan sparring sebelumnya dan hanya terdapat 7 orang pemain dari tim psikologi yang menghadiri pertandingan ini dan tim sasing dihadiri oleh 11 pemain. Tim psikologi sempat tertinggal jauh pada babak pertama hingga selisih skor Sasing 10-3 Psikologi. Namun, tim futsal psikologi berhasil membalikkan keadaan pada menit-menit terakhir karena tim psikologi cukup unggul dalam  hal stamina dibandingkan dengan pemain lawan hingga skor akhir menjadi 15-18 dimenangkan oleh tim futsal psikologi.

Dengan diadakannya kegiatan sparring ini, diharapkan tim futsal psikologi dapat meningkatkan mental bertanding dan keterampilan bermain, serta lebih siap lagi untuk menjalani pertandingan-pertandingan kedepannya. Berdasarkan hasil evaluasi dari sparring dengan melihat jumlah gol dan statistik pertandingan menunjukkan bahwa tim Futsal Psikologi masih harus berlatih dengan lebih giat agar keterampilan dalam permainan lebih meningkat dan dapat bertanding lebih kompetitif. Kami berharap kegiatan sparring ini dapat dilanjutkan lagi pada masa kepengurusan selanjutnya agar meningkatkan kualitas dari Pemain Futsal Psikologi Universitas Airlangga kedepannya.

Kegiatan sparring ini juga mengacu pada poin SDGs no. 3, yaitu Good Health and Well-Being karena kesehatan dan kesejahteraan pemain BSO Futsal Psikologi dan pemain dari Sastra Inggris akan tertunjang lewat kegiatan sparring ini yang merupakan olahraga futsal untuk melatih fisik dan juga mental pemain. Kemudian, kegiatan ini juga mengacu pada poin SDGs no. 17 yang menjelaskan bahwa Partnership for the Goals yang menekankan pentingnya kerja sama dalam berbagai golongan untuk mencapai tujuan dari SDGs karena pada dasarnya dibutuhkan kemitraan yang berkelanjutan untuk mencapai SDGs. Dalam program kerja sparring ini, BSO Futsal Psikologi menjalin kerja sama dengan Futsal Sastra Inggris 2023 karena selain bertanding mereka juga saling berbagi pengalaman dan ilmu dalam bermain futsal.

source
https://unair.ac.id