Integrating Education and Psychology: Contribution of the 17th Psychofest to Sustainable Development Goals

Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan berkelanjutan, dan terwujudnya Sustainable Development Goal (SDG) ke-4, yaitu “Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning opportunities for all.” Dalam konteks Universitas

Airlangga, Fakultas Psikologi telah mengambil peran aktif dalam mendukung pencapaian SDG 4 melalui serangkaian kegiatan yang tidak hanya melibatkan mahasiswa dan mahasiswi, tetapi juga membuka peluang bagi siswa/i SMA.

1. Open House: Menggagas Minat dan Pengetahuan (05 November 2023 dan 11 – 12 November 2023)

Open House Fakultas Psikologi Universitas Airlangga merupakan inisiatif untuk memperkenalkan dunia psikologi kepada siswa/i SMA. Acara ini tidak hanya membuka pintu gerbang universitas, tetapi juga pintu gerbang pengetahuan psikologi. Dengan memfasilitasi pertemuan langsung antara calon mahasiswa dan dosen, Open House menciptakan kesempatan untuk memahami lebih dalam mengenai potensi dan peluang yang ditawarkan oleh Fakultas Psikologi.

2. Open Psychology: Olimpiade Psikologi untuk Siswa/i SMA (21 Oktober 2023 – 12 November 2023)

Open Psychology merupakan langkah lanjutan dari Psychofest, di mana siswa/i SMA diajak untuk aktif berpartisipasi dalam Olimpiade Psikologi. Melalui kompetisi ini, para peserta tidak hanya dapat menguji pengetahuan mereka tentang psikologi, tetapi juga mengembangkan keterampilan analitis dan problem-solving. Open Psychology menjadi wadah bagi siswa/i SMA untuk merasakan atmosfer akademis dan menumbuhkan minat pada bidang psikologi.

3. National Psychological Intervention Design: Olimpiade Psikologi untuk Mahasiswa se-Indonesia (12 Oktober 2023 dan 18 November 2023)

Tidak hanya memfokuskan perhatian pada siswa SMA, Fakultas Psikologi Universitas
Airlangga juga menggelar National Psychological Intervention Design, sebuah Olimpiade Psikologi tingkat nasional untuk mahasiswa. Dengan menghadirkan tantangan nyata dalam bidang intervensi psikologis, acara ini mendorong mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi kehidupan sehari-hari. Hal ini sejalan dengan visi SDG 4 untuk memberikan pendidikan yang relevan dan bermakna.

4. Psychofest Basketball Competition: Menyatukan Olahraga dan Psikologi (20 Oktober 2023 – 22 Oktober dan 26 November 2023)

Psychofest Basketball Competition menghadirkan dimensi baru dalam mendukung SDG 4. Kompetisi bola basket ini tidak hanya mempromosikan kesehatan melalui olahraga, tetapi juga memasukkan elemen psikologi dalam bentuk pendekatan tim dan manajemen emosi. Dengan melibatkan tim basket SMA, Psychofest menciptakan kesempatan bagi siswa untuk belajar bersama, mempererat persaudaraan, dan membentuk karakter kepemimpinan.

5. Rangkaian Bazaar: Menyatu dengan Komunitas Lokal

Selain kegiatan pendidikan, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga juga merangkai rangkaian bazaar sebagai bagian dari upaya mendekatkan diri dengan komunitas lokal.

Bazaar ini tidak hanya menciptakan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan, tetapi juga menjadi ajang pertemuan antara mahasiswa, dosen, dan masyarakat Surabaya. Produk-produk kreatif dan inovatif yang ditawarkan dalam bazaar ini dapat menjadi inspirasi serta membuka peluang kerjasama antara Fakultas Psikologi dan pelaku usaha lokal.

6. Acara Puncak dengan Kehadiran Arash Buana dan Artis Lokal Surabaya

Acara puncak yang melibatkan Arash Buana, seorang figur yang dikenal dalam dunia seni dan motivasi, memberikan dimensi inspiratif yang dapat memotivasi peserta untuk meraih potensi terbaik mereka. Dengan pengalaman dan wawasan yang dimiliki Arash Buana, diharapkan peserta dapat meresapi nilai-nilai positif dan semangat pantang menyerah dalam mencapai tujuan pendidikan dan karier. Selain itu, kehadiran artis lokal Surabaya dalam acara puncak memberikan nuansa kearifan lokal dan keakraban. Kolaborasi antara seniman lokal dan mahasiswa Fakultas Psikologi dalam pembukaan acara puncak tidak hanya memperkaya pengalaman peserta, tetapi juga mendukung ekosistem seni lokal. Penampilan seni dari artis lokal dapat menciptakan suasana yang meriah dan mendukung semangat kebersamaan dalam mendukung SDG 4.

Melalui Open House, Open Psychology, National Psychological Intervention Design, dan Psychofest Basketball Competition, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga membuktikan bahwa pendidikan dan psikologi dapat bersinergi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dengan melibatkan Arash Buana dan artis lokal Surabaya dalam acara puncak, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga tidak hanya menekankan pentingnya pendidikan dan psikologi, tetapi juga merayakan keberagaman dan kolaborasi dengan komunitas lokal. Semua rangkaian kegiatan, dari pendidikan hingga bazaar dan acara puncak, memberikan kontribusi pada pencapaian SDG 4 sambil membangun hubungan yang erat antara universitas dan masyarakat. Dengan demikian, Fakultas Psikologi memainkan peran penting dalam membentuk generasi yang berpendidikan, terampil, dan terkoneksi dengan realitas masyarakat sekitar.

source
https://unair.ac.id